Sosialisasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (PUJA INDAH)

Dalam rangka tindak lanjut Pernyataan Komitmen antara Pemerintah Kota Lhokseumawe dengan Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri yang ditandatangani oleh Penjabat Wali Kota Lhokseumawe dan Kepala BSKDN Kemendagri pada tanggal 4 Oktober 2023 di Jakarta tentang Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah), Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Bappeda Kota Lhokseumawe melaksanakan Sosialisasi Penerapan Aplikasi Puja Indah kepada Para Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Puskesmas Kota Lhokseumawe pada tanggal 16 Mei 2024 dan tanggal 30 Mei 2024 kepada Para Kepala Sekolah Dasar dan Kepala Sekolah Menengah Pertama se Kota Lhokseumawe bertempat di Aula Kantor Wali Kota Lhokseumawe.

Acara sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Lhokseumawe dalam hal ini disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setdako Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar. Dalam sambutannya disampaikan bahwa dengan adanya komitmen antara Pemko Lhokseumawe dan BSKDN Kemendagri, telah memberikan ruang kepada Pemko Lhokseumawe untuk melakukan Penerapan Aplikasi Puja Indah dalam rangka memberikan layanan akses layanan pemerintahan kepada masyarakat. Aplikasi Puja Indah merupakan layanan pemerintahan "Berbagi Pakai" berbasis data input yang dikembangkan oleh BSDKD Kemendagri untuk percepatan layanan pemerintahan melalui layanan elektronik dalam satu platform layanan.

Aplikasi Puja Indah yang dikembangkan oleh BSDKDN Kemendagri memuat tiga belas layanan pemerintahan yaitu: Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Layanan Sosial, Layanan Pekerjaan Umum, Layanan Trantibumlinmas, Layanan Komoditas, Layanan Aspirasi, Layanan Pariwisata, Layanan Perhubungan, dan Layanan Administrasi Pemerintahan, dan satu layanan tematik yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

Sebelumnya Plt. Kepala Bappeda Kota Lhokseumawe dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan penerapan Aplikasi Puja Indah adalah untuk mempercepat penerapan e-government bagi Pemko Lhokseumawe. Aplikasi Puja Indah dibangun dengan mekanisme berbagi pakai dimana aplikasi dan infrastruktur pendukungnya telah dibangun dan dikembangkan oleh BSKDN Kemendagri, sehingga Pemko Lhokseumawe dapat fokus pada penerapannya saja.

Narasumber Sosialisasi Penerapan Aplikasi Puja Indah pada tanggal 16 Mei 2024 berasal dari BSKDN Kementerian Dalam Negeri yang disampaikan melalui Aplikasi Zoom Meeting, sedangkan Narasumber pada tanggal 30 Mei 2024 disampaikan oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kota Lhokseumawe.

 

sambutan asisten 3

 

acara puja indah

puja indah ka sekolah

puja indah ka sekolah