Inovasi Daerah Kota Lhokseumawe Tahun 2023

Inovasi Daerah Kota Lhokseumawe yang telah didaftarkan pada Innovative Government Award (IGA) Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri Tahun 2023 sebanyak 8 (delapan) inovasi, yaitu:

  • Aplikasi e-Kinerja Kota LhokseumaweBadan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Lhokseumawe.

Aplikasi pencatatan yang berbasis elektronik untuk melihat kegiatan kerja harian ASN di Kota Lhokseumawe. Melalui aplikasi ini atasan dapat menilai kinerja dan memonitoring kerja harian bawahannya. Atasan Langsung juga dapat menyetujui atau menolak pekerjaan harian yang dilakukan bawahannya apabila tidak sesuai dengan tupoksi dan arahan yang diberikan. Aplikasi e-Kinerja ini terintegrasi dengan Aplikasi Presensi Kota Lhokseumawe, apabila data kehadiran tidak tercatat di aplikasi presensi maka ASN tidak bisa mengisi kerja harian pada sistem sehingga dapat mempengaruhi pembayaran Tunjangan Prestasi Pegawai (TPP).


  • Aplikasi Presensi Kota LhokseumaweBadan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Lhokseumawe.

Aplikasi Presensi Kota Lhokseumawe merupakan alat untuk mencatat jam kehadiran pegawai. Dalam mengisi aplikasi presensi, harus dilakukan di lokasi kantor masing-masing sehingga tercatat secara digital. Aplikasi ini terkoneksi dengan Aplikasi e-Kinerja Kota Lhokseumawe sehingga apabila ASN tidak tercatat kehadiran pada aplikasi presensi maka tidak dapat mengisi e-kinerja harian sehingga mempengaruhi kinerja ASN dan dapat dikontrol oleh atasan langsung untuk kehadiran pegawai melalui aplikasi e-kinerja Kota Lhokseumawe.


  • Percepatan Pencapaian Kepemilikan Dokumen Administrasi Kependudukan (PEKAD 3 In 1 Plus)Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Lhokseumawe.

Pekad 3 in 1 Plus merupakan program pelayanan dalam meningkatkan pelayanan administrasi khususnya dalam kepemilikan dokumen kependudukan berupa perubahan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas Anak plus Akta Kematian. Untuk saat ini Disdukcapil Kota Lhokseuamawe memberikan pelayanan ini bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Ibu dan Anak "ABBY". Pihak Rumah Sakit bertugas membantu mengumpulkan kelengkapan persyaratan pembuatan dokumen kependudukan. Ketika pasien/keluarga pasien keluar dari Rumah Sakit, pasien/keluarga pasien sudah memiliki dokumen kependudukan yang diperlukan.


  • Layanan Chat Wa Pajak dan Retribusi (Layanan CAWAPRES), Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Lhokseumawe.

Layanan CAWAPRES adalah layanan untuk memberikan informasi kepada Wajib Pajak yang akan membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tanpa harus mendatangi Kantor layanan PBB atau Kantor Geuchik. Pembayaran PBB dapat dilakukan secara online pada Aplikasi Action Bank Aceh. Layanan CAWAPRES dapat diakses melalui alamat https://bpkd.lhokseumawekota.go.id/ atau WA ke nomor (+62)853-6101-0279.


  • Klinik Pelayanan Perizinan Sistem Online dan Verifikasi Cepat (KLIPPER SINOVAC), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPSTP Naker) Kota Lhokseumawe.

Layanan untuk mendapatkan informasi tentang Perizinan Reklame, izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Usaha serta Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Chat WA untuk memberikan informasi, bantuan dan konsultasi mengenai prosedur permohonan perizinan.


  • Sistem Perizinan dan Layanan Antar Jemput Izin (SIPERI WET WET)Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPSTP Naker) Kota Lhokseumawe.

Siperi Wet-Wet adalah pelayanan perizinan jemput bola untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan pelayanan dan edukasi terkait perizinan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat sehingga pelayanan perizinan lebih optimal.


  • Integrasi Layanan Menerapkan Sistem Online Submission (Whatsapp & On Call)Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPSTP Naker) Kota Lhokseumawe.

Whatsaap & On Call adalah pelayanan bagi masyarakat untuk membuat izin usaha secara online melalui fitur Sistem Online Submission dan si Cantik Cloud sehingga pelaku usaha mendapatkan informasi secara detil melalui fitur tracking sistem untuk mengetahui status permohonan secara real time.


  • Sistem Informasi Gampong dan Layanan Online (SIGAMLON), Pemerintah Gampong Kuta Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

SIGAMLON merupakan layanan Website yang menunjukkan informasi publik kegiatan Gampong Kuta Blang serta informasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dan SIGAMLON dapat mengurus surat menyurat yang menjadi kewenangan Keuchik dengan berbekal NIK dan masyarakat Gampong Kuta Blang dapat memantau tahapan proses pelayanan surat sampai dengan selesai.